aneka kue basah

Aneka Kue Basah dan Jajanan Pasar

Food

Jajanan pasar biasanya berisi aneka kue basah yang meupakan kuliner sejak kita kecil sebagai camilan. Jajanan Pasar biasa dibeli pada pagi hari ketika pasar beoperasi. Kue basah ini mempunyai tekstur yang lembut nan empuk, lembut tapi sayangnya tidak tahan lama karena bahan dan pengolahannya yang masih tradisional. Kue Basah biasanya terbuat dari sagu, tepung terigu, gula, tepung tapioka  ada juga yang berbahan dasar santan atau ketan. Kue yang termasuk dalam kategori kue basah di antaranya: lupis, dadar gulung, martabak manis, lemper, lumpia, pastel, kue sus, panekuk, kue lapis, lapis legit, kue cucur, bakpia, kue mangkok, mochi, kue pukis, bika ambon, donat, bolu, kue serabi, risol dan lain sebagainya.  Tuh, banyak kan macamnya? Tidak heran kalau jajanan pasar tetap eksis di masyarakat modern. Meskipun masih ada kesan tradisional, justru disitulah letak kelezatan dan keunikannya.

Kalau sudah melihat jajanan pasar, pasti khilaf membeli banyak dan ingin disantap semua dengan sekaligus! Jajanan pasar memang bukan hanya aneka kue basah loh. Ada yang gurih seperti gorengan, tapi memang kebanyakan jajanan pasara adalah makanan manis seperti kue sus, klepon, dan sebagainya. Kue tradisional ini karena manis dapat padat, umumnya bisa untuk mengganjal perut.

Nah, berikut ini jenis jajanan pasar yang sering dilihat oleh mata kita bersliweran di warung bahkan di supermarket :

  1. Bika Ambon

Bukan dari Ambon. Makanan ini khas dari Sumatra Utara. Banyak orang yang salah kaprah tentang nama makan ini. Walaupun nama jajanannya adalah Bika Ambon, kue ini  berasal dari Medan. Diberi nama Bika Ambon karena dulu, toko yang menjual kue kuning ini terdapat di Jalan Ambon, Kota Medan. Dari situlah nama jajanan ini berasal. Sampai saat ini Bika Ambon jadi jajanan dimana-mana sebagai salah satu jajanan pasar yang enak.

  1. Getuk
Baca Juga :  Cara Memasak Sayur Rumahan untuk Hidangan Keluarga

Nah kali ini dari pulau Jawa. Getuk adalah jajanan tradisional dari daerah Jawa Tengah. Jenis Getuk ini ada getuk goreng ada juga getuk kukus. Getuk ini makanan olahan dari singkong yang rasanya manis. Singkong ini diolah sedemikian rupa lalu dikukus dan diberi gula pasir. Rasa getuk ini manis dan lezat. Teksturnya yang lembut jadi mudah dikonsumsi.

  1. Kue Ape

Ini sih ada ditiap gang ya, yang jualan Kue Ape. Makanan dengan ciri khas warna hijau ini sudah umum ditemukan. Apalagi banyak pedagang Kue Ape yang keliling. Kue Ape dimasak memakai kuali mini. Inilah alasan kenapa bisa kue beradonan hijau ini krispi di luar lembut didalam alias tebal di tengah serta pinggiran yang renyah. Rasa Kue Ape memang manis legit.

  1. Pie Susu

Resep Pie Susu bisa kalian cari di google, nah kalau melancong ke Pulau Bali pasti menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Pie Susu, jadi salah satu camilan yang jadi hits di jajanan pasar. Rasanya yang manis dan renyah membuat banyak orang mencari pie susu ini. Meskipun pie yang dijual tidak seenak pie susu dari pulau dewata, toh tetap saja laku dipasaran.

Beberapa kue tradisional di atas sudah memang yang paling banyak ditemukan di pasaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *