resep bakpao

Jajanan Pasar: Resep Bakpao Enak

Food

Jajanan tradisional memang menjadi salah satu cemilan yang digemari oleh masyarakat Indonesia, karena selain harganya yang terbilang murah, maka soal rasa sendiri tidak kalah dibandingkan dengan cemilan kekinian. Bahkan bisa dikatakan jajanan tradisional ini selalu fresh, karena dibuat setiap hari, tidak heran jika seandainya ada banyak sekali yang memburunya di pasaran, apalagi untuk acara-acara penting seperti diantaranya adalah arisan atau sejenisnya, maka banyak juga yang memilih untuk menggunakannya sebagai cemilan di atas meja. Sebut saja bakpao, enak dan banyak variasi resep bakpao tersebut.

Kue dengan warna putih yang didalamnya diisi dengan beragam jenis bahan sesuai dengan selera, mulai diantaranya adalah kacang hijau, kacang merah, cokelat hingga daging ayam. Sebenarnya bakpao ini sendiri adalah menu makanan khas Tiongkok, namun mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia, salah satunya adalah di Indonesia, tentunya dengan sedikit modifikasi. Apalagi masyarakat Indonesia sendiri kebanyakan adalah muslim yang hanya mengkonsumsi makanan yang halal, sehingga isian seperti daging babi cincang tidak digunakan.

Resep membuat jajanan pasar bakpao ini sebenarnya mudah untuk diikuti, hanya saja sering kali bagi mereka yang masih pemula dalam membuatnya selalu gagal, entah itu hasil bakpaonya keriput, atau dari segi rasa yang kurang nikmat. Untuk itu maka berikut ini ada beberapa trik rahasia dalam pembuatannya agar dapatkan rasa yang nikmat, yaitu:

  1. Gunakan tepung terigu berkualitas berprotein rendah, banyak yang salah mengira bahwa tepung terigu yang bagus digunakan untuk membuat bakpao ini hendaknya yang berprotein sedang, karena hasilnya bisa lebih lembut, namun jika menggunakan jenis yang satu ini maka warnanya tidak akan cerah, cenderung putih namun gelap. Namun dengan mengandalkan tepung terigu protein rendah hasilnya lebih sempurna, tampilan akan jauh lebih menarik.
  2. Gunakan butter atau mentega putih, untuk mendapatkan warna yang cerah dan menggoda, maka salah satu bahan yang patut untuk dicampurkan dalam jajanan yang satu ini adalah mentega putih atau butter, selain memberikan warna yang menarik, sebenarnya bahan ini juga akan memberikan rasa yang lebih nikmat pada kulit luar bakpao tersebut.
  3. Fermentasi yang dilakukan haruslah benar, mengapa sebagian bakpao tidak bisa mengembang sempurna, bahkan cenderung keriput ketika sudah matang, tak lain disebabkan oleh fermentasi yang dilakukan tidak berlangsung secara sempurna. Adonan yang nantinya difermentasi atau didiamkan hendaknya sudah harus dalam kondisi yang benar-benar kalis, sehingga ketika ditarik tidak akan mudah putus atau robek.
  4. Bahan tepung harus diayak terlebih dahulu sebelum nantinya dicampur, bagian ini nyatanya tidak kalah penting dilakukan, yaitu mengayak tepung bahan dasar adonan, karena akan membuat tekstur kulit nantinya lebih halus dan rata, tidak kasar.
  5. Menggunakan bahan berkualitas terbaik, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bahan dari bakpao tersebut, dimana sangat dianjurkan untuk memakai bahan yang kualitasnya bagus. Karena hal ini akan mempengaruhi rasa dan juga tampilan dari jajanan.
Baca Juga :  Cara Memasak Sayur Rumahan untuk Hidangan Keluarga

Mengkonsumsi atau memakan bakpao hendaknya juga dalam kondisi yang masih hangat, karena akan mempengaruhi tekstur dan juga rasanya. Ketika sudah dingin hendaknya dihangatkan lagi dengan cara mengukusnya sebelum dimakan. Tenang saja karena meskipun berkali-kali dikukus tidak akan mempengaruhi kandungan gizi dari jajanan pasar tersebut, justru lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *