Categories: Food

Resep Sop Buah yang Nikmat dan Menyegarkan

Kita semua pasti setuju kalau buah itu menyegarkan, entah itu dimakan secara langsung atau diolah menjadi makanan atau minuman, tak terkecuali sop buah. Di samping menyegarkan dan bisa melepas dahaga, sajian sop buah ini juga memiliki nilai gizi. Jadi, nikmatnya dapet, sehatnya juga dapet.

Nah, salah satu minuman menyegarkan ini gampang ditemuin di mana-mana, yang jual bayak. Namun, nggak ada salahnya, lho, kalau kamu mau buat sendiri di rumah. Resep sop buah cenderung mudah untuk dipraktikkan. Bahan-bahan dasar yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. Kamu bisa gunain buah potong sesuai selera. Penasaran bagaimana membuatnya? Simak beberapa resepnya berikut.

Resep Sop Buah ala Kaki Lima

Kalau sering jajan sop buah dan pengin bikin sendiri yang rasanya mirip, kamu juga bisa kok. Caranya gampang dan dijamin bakal lebih hemat daripada harus beli. Nih, catet apa aja bahannya dan gimana cara bikinnya!

Bahan-bahan:

  • 250 gram blewah, serut dengan bentuk memanjang
  • 250 gram melon, potong kotak atau bentuk bulat dengan alat kerokan
  • 250 gram stroberi, potong menjai beberapa bagian
  • 250 gram pir, potong kecil-kecil
  • 250 gram sirsak, buang bijinya
  • 150 gram kelengkeng, buang bijinya
  • 150 gram anggur, belah menjadi dua bagian
  • 1 buah alpukat, ambil dagingnya
  • 1 buah kelapa muda/degan, serut

Bahan jeli:

  • 1 bungkus jeli atau agar-agar instan (rasa sesuai selera)
  • 700 ml air
  • 100 gram gula pasir

Cara membuat jeli:

  1. Masukkan bubuk jeli, gula pasir, dan air ke dalam panci.
  2. Rebus dan aduk sampai mendidih.
  3. Tuang ke loyang, tunggu sampai mengeras.
  4. Potong dadu.

Bahan sirup (pemanis):

  • 175 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 200 ml air

Cara membuat sirup:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci.
  2. Rebus dengan api kecil hingga mengental, angkat dan dinginkan.

Bahan pelengkap:

  • 200 ml kenal manis putih
  • 800 ml air kelapa
  • Es serut secukupnya

Cara membuat sop buah:

  1. Siapkan mangkuk.
  2. Tata buah-buahan yang sudah dipotong ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan es serut di atasnya.
  4. Tuangkan air kelapa.
  5. Tambahkan susu kental manis dan sirup.
  6. Sop buah siap disajikan.
  7. Resep Sop Buah Kuah Santan

Resep Sop Buah Santan

Selain resep sop buah ala penjual kaki lima, ada lagi variasi lain yang bisa kamu coba, yaitu menambahkan bahan santan ke dalamnya. Simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 150 gram kelengkeng, buang bijinya
  • 1 buah alpukat, ambil dagingnya
  • 100 gram kolang kaling
  • 200 gram melon, potong dadu atau bulat
  • 200 gram nangka, potong menjadi beberapa bagian
  • Pepaya secukupnya (sesuai selera)
  • Sirup coco pandan merah secukupnya
  • Es serut secukupnya

Bahan kuah santan:

  • ½ liter santan
  • 1 sdm tepung maizena, campur dengan 1 sdm air
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • Garam secukupnya

Cara membuat kuah:

  1. Masukkan santan ke dalam panci, rebus dengan api kecil, masak sambil terus diaduk.
  2. Masukkan garam dan daun pandan, aduk terus sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, tuangkan larutan maizena.
  4. Aduk kembali hingga santan mengental, matikan api.

Cara membuat sop buah kuah santan:

  1. Siapkan mangkuk.
  2. Tata buah-buahan yang sudah dipotong.
  3. Tambahkan es serut dan sirup di atasnya.
  4. Siramkan santan, sop buah santan siap disajikan.

Nah, itu tadi dua resep sop buah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kamu bisa pilih mana yang akan dibuat sesuai dengan seleramu. Nggak ada salahnya juga, kok, kalau kamu mau berkreasi dengan cara lain. Kalau dirasa buatanmu punya rasa yang oke, kamu bisa, lho,  menjualnya. Kan lumayan bisa dapet tambahan dari hobimu mengolah makanan. Selamat mencoba!

Share
Zulfian Prasetyo

Recent Posts

Inilah 5 Kue Tradisional Khas Suku Banjar Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba

Adanya berbagai suku di Indonesia membuat negara tercinta ini kaya akan pilihan kue tradisional. Masing – masing daerah memiliki kue…

July 7, 2019 11:07 am

Soto Tangkar Resep Masakan Daging Dari Betawi yang Khas

Musim hujan memang enak makan yang berkuah dan segar. Salah satunya makan nasi soto. Di Indonesia berbagai jenis soto ada.…

May 8, 2019 2:20 am

Olahan Udang Pakai Saus Padang

Padand merupakan kota provinsi yang cantik dan kaya akan makanannya juga. Bahkan salah satu jenis makanan khas daerahnya “Rendang” kini…

May 8, 2019 2:16 am

Sayur Asem Ayam, Masakan dari Ayam

Siapa sih yang  belum pernah makan sayur asem di negara ini? Sepertinya tidak ada orang yang tidak kenal sayur asem deh. Sayur…

May 8, 2019 2:11 am

Segarkan Harimu Dengan Semangkuk Es Buah Segar

Pasti cape kan setelah seharian menyusuri jalanan raya, di sesaki asap-asap knalpot yang beterbangan memenuhi ruangan kota. Belum lagi bau…

May 8, 2019 2:08 am

Aneka Kue Basah dan Jajanan Pasar

Jajanan pasar biasanya berisi aneka kue basah yang meupakan kuliner sejak kita kecil sebagai camilan. Jajanan Pasar biasa dibeli pada…

May 8, 2019 2:05 am