resep soto babat

Resep Aneka Soto Babat Nikmat dan Cara Membuatnya

Food

Olahan soto sebenarnya merupakan makanan berkuah dimana bagian dalamnya diisi dengan berbagai macam bahan, ada yang dibuat dari daging ayam, kemudian juga daging sapi hingga jeroan. Di Indonesia sendiri resep soto babat ataupun soto daging ini terbilang begitu bervariasi. Bisa dicoba sesuai dengan selera. Bahkan jika dilihat di pasaran ada banyak sekali rumah makan yang menjual aneka menu makanan yang satu ini, tentunya dengan rasa yang bervariasi juga.

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi jeroan, khususnya dari sapi mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya babat. Babat ini adalah lambung sapi, lambung sapi tersebut memiliki rasa yang nikmat dengan tampilan berbeda-beda, menyesuaikan dengan jenisnya sendiri, karena pada dasarnya memang ada 4 bagian ruang penyimpanan makanan atau lambung sapi tersebut. Umumnya bahan yang satu ini juga banyak dikreasikan dalam pembuatan soto, yaitu soto babat.

Resep aneka soto tersebut juga tak kalah mudah untuk dibuat, namun bagi Anda yang kurang menyukai bahan dasar dari jeroan sapi tersebut, maka sebenarnya masih banyak lagi kreasi dari soto lainnya yang dapat dibuat. Berikut ini diantara jenis-jenis soto yang sangat populer di Indonesia, yaitu:

  1. Soto Medan, salah satu ciri khas dari soto ini adalah memiliki kuah santan yang begitu kental dan kaya akan rempah, seperti yang diketahui sendjri bahwa masyarakat daerah Sumatera memang dikenal memiliki banyak sekali menu makanan khas yang bahan dasarnya mengandalkan rempah-rempah, sehingga tak hanya cita rasanya saja yang khas, melainkan juga bagus untuk kesehatan. Soto ini umumnya diisi dengan bahan daging sapi, udang maupun daging ayam.
  2. Soto Padang, ini adalah soro yang cukup ramai bahan isiannya, tak hanya dendeng sapi, melainkan juga ada bihun sampai dengan perkedel kentang, ditambah lagi dengan kaldu sapi yang gurih, pastinya akan semakin menggugah selera.
  3. Soto Betawi, soto Betawi cukup mudah dijumpai di berbagai penjuru Indonesia, mengandalkan bahan isian daging sapi, ditambah dengan jeroannya, emping, tomat dan juga kentang dipadukan denga kuah yang kental.
  4. Soto Lamongan, soto Lamongan adalah soto daging ayam yang memiliki cita rasa gurih, apalagi ditambah dengan serbuk koyanya. Memang pada dasarnya ciri khas dari soto lamongan adalah koyanya, karena tidak ada soto lain yang menambahkan bahan tersebut.
  5. Soto Kudus, ada 2 varian isi dari soto ini, diantaranya adalah daging sapi, namun juga ada yang mengandalkan bahan dasar daging ayam, menyesuaikan dengan selera saja, ditambah dengan isian sayur seperti tauge, seledri dan juga bawang goreng yang membuatnya kian sedap.
  6. Soto Madura, hidangan soto ini memang cukup khas, karena untuk bahan isian di dalamnya lebih didominasi dengan potongan jeroan sapi, ditambah dnegan bihun rebus, kol dan tauge yang mebuatnya jadi lebih segar.
  7. Soro Mi, seperti namanya bahan isian utama dari soro ini adalah mie kuning, tidak lagi ditambahkan dengan nasi, nantinya mie tersebut akan disantap bersama daging lainnya seperti kikil, kol, babat dan juga potongan daging.
  8. Soto banjar, soto khas dari Kalimantan yang tak hanya dikenal enak, melainkan juga kaya akan rempah, utamanya adalah kayu manis, cengkeh dan juga biji pala. Isiannya sendiri didominasi oleh daging ayam, telur hingga perkedel.
Baca Juga :  Olahan Cemilan Tahu: Bumbu Tahu Gejrot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *